Wednesday, September 11, 2013

Rinjani Part 2

Bibir kering jelek banget kayak Joker di Plawangan Sembalun
morning, dearest Sun! @ Plawangan Sembalun
  Kira-kira jam 21 kami sampai di Plawangan Sembalun dan memutuskan gak akan summit di dini harinya, gak kuaatt.. asli dah badan gw udah kayak apaan itu tau. Lalu kami makan malam dan bermalam di Plawangan Sembalun. Paginya pas bangun badan gw susah digerakkin, amit-amit dehhh.. tapi pas keluar tenda, luar biassaaaaa viewnya. Di depan tenda tampak Segara Anak, lalu di belakang tenda ada lautan awan, sekitaran banyak Edelweiss dimana-mana. Ahh cintahh! Lalu kami sarapan dan siap2 untuk pindah tenda ke posisi yang lebih dekat dengan puncak. Seharian kami istirahat dan main-main menikmati view, juga main ke sumber air, eh boker juga. Malamnya kami tidur cepat karna harus bangun jam 01:30 untuk summit attack.
01:30 kami berangkat summit attack. Awalnya gw gak mau ikut, karna takut gak kuat, dan dingiin banget. Tapi yaa udah jauh-jauh kesini masa gak tuntas. Lagipula malu sama bocah yang summit, masa kalah.. parah deh treknya.. naik naiikk terus.. pasir, debu, dll. Awalnya kami ber7 bareng lama-lama misah karna gw sih, yang paling lemah, ketinggalan. Untung Firman nemenin gw terus.. malah gw bandel gak bawa makanan dan minuman, cuma bawa kamera. Hahaha. Firman setia menyemangati gw. Udah mau nangis rasanya, gak sampe-sampe. Kami dapet sunrisenya di jalanan deh, dengan kemiringan sekian derajat dan angin yang super kencang. Waktu di perjalanan ada bule yang nyemangatin gw: you can do it! It’s beautiful up there. Akhirnya step by step gw sampe juga di puncak. Sewaktu kami sampai di puncak, teman2 yang lain baru mau turun. Gw sama Firman foto-foto sebentar, lalu makan energy bar dan minum sedikit. Minum kami sudah hampir habis. Niatnya mau minta yang lain tapi mereka udah turun duluan. Keren abis lah view dari sini.. bisa keliatan caldera Rinjani, dan 3 gili (Trawangan, Air, Meno) keliatan gitu pulaunya..kereenn.
Rinjani's peak

Kami di atas kurang lebih setengah jam aja. Lalu kami lanjut turun gunung, duhh cakep dehh Edelweiss dimana-mana. Perjalanan turun ke Plawangan Sembalun kurang lebih 2.5 jam. Firman tak lelah menyemangati gw haha. Sesampainya di tenda, gw marah2 sama Yusril krn ninggalin gw hahaha ‘kamoh pamit sama bapak akoh tapi ninggalin akoh di puncak!’

Setelah makan siang kami beres-beres untuk berangkat ke Segara Anak. Idiw, treknya turuunn turuunnn, jalannya berbatu-batu. Udah gitu kabutnya tebal bener jadi harus hati-hati. Perjalanan ke Segara Anak kurang lebih 3 jam. Waktu sampe di Segara Anak, kagum dengan kecantikan danaunya dan Gunung Barujari. Tapi sebel karna ramai sekali sampe susah cari spot tenda. Sebenernya masih bisa kalo jauhan lagi tapi nanti jauh dari sumber air. Kami beres2, bersih2, istirahat dan makan malam. Lalu kami bermalam disana.
Gunung Baru Jari di Segara Anak, bagian dari kaldera Rinjani

Esok paginya kami mandi di pemandian air hangat. Asoooyyy.. lalu kami mancing dan foto-foto tentunya. Sebenernya masih banyak yang bisa dieksplor di sini, tapi gw males liat keramaiannya. Siang hari kami siap2 lagi berangkat ke Senaru. Trek ke Plawangan Senaru itu naiikkk…naiiiikkkkkk.. beghhh.. jalannya berbatu-batu. Dalam perjalanan ini gak ada sumber air, jadi kami harus hemat air. Anak-anak pada gak ngasi gw air. Huuuhh hausss..
our team about to leaving Segara Anak heading to Plawangan Senaru, minus kak Yani yang semangat jalan duluan