Wednesday, March 7, 2012

Jelajah 7 Pulau

Hey! Long time no see! sebenernya gw udah ga ada niat untuk menulis di blog ini lagi, karena mengingatkan gw pada masa lalu yg menyedihkan *ahey. Yah tapi berhubung gw suka traveling, mungkin gw akan coba menuliskan pengalaman traveling gw. Yah, belum seberapa sih dibandingkan dengan traveler oke di luar sana. Tapi, berhubung ingatan gw juga kurang begitu bagus, gw pengen mengabadaikan pengalaman gw ini dlm bentuk tulisan supaya bisa gw kenang lagi, hehe.

Gw ga tau musti mulai dari mana nih karena udh banyak yg terlupakan.. mungkin gw akan mulai cerita pengalaman gw ke Kepulauan 1000 November 2011 kemarin. Ceritanya mungkin agak beda sedikit karna mungkin sudah banyak yang terlupa. Awalnya gw melihat iklan sebuah trip organizer yang menawarkan trip ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu (Jelajah 7 Pulau), namanya Brownies Adventure. Gw agak ragu untuk ikutan karna teman2 yang gw ajak untuk ikut tidak bisa ikutan, sedangkan niat gw mau jalan2 itu udah di ubun2. Stress banget gw kerja mulu shifting system, susah refreshing. Mumpung cuti, gw harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Akhirnya gw memberanikan diri untuk daftar sendiri. Gw ga perduli ga kenal siapa2, toh nanti dapet temen baru. yah.. agak deg2an juga sih, takut mati gaya gak ada yg gw kenal.
Beberapa hari pulang dari Bali, gw siap2 bangun pagi untuk jalan lagi ke Pulau Harapan. Well, gw nunggu bus jam 5 pagi itu berasa 1 tahun lamanya. Bus menuju Grogol jaraang banget. Dulu waktu gw mau ke Pulau Pramuka, alhamdulilah tuh dapet bus ke Grogol, trus dari Grogol naik angkot ke Muara Angke. Karna hari makin siang, ditambah hasrat ingin boker, gw akhirnya memutuskan naik taksi! Gile ga, naik taksi ke Grogol lewat tol. Untung ada duit di dompet gw buat bayar taksi! Gg. Waru-Terminal Grogol = Rp. 100.000. gileee.. setelah itu gw naik angkot ke Muara Karang, angkotnya jalan kayak siput, maklum masih pagi dan penumpang jarang. Gw terus berdoa supaya ga terlambat dan hasrat ingin boker cepat berlalu. Udah gitu, si abang angkot ga mau masuk sampe dalem Muara Angke, tapi memang keknya treknya ga sampe dalem. Nah,gw musti naik becak. Duh kebayang ga, naik becak tiba di pom bensin Muara Karang dengan penuh orang yg mau beranjak ke Kep. Seribu. Wew, teringat thn 2008 gw kesana, masih sepi yg mau ke Kep. Seribu. Gw melihat tatapan orang2 yg ngeliatin cewe sendirian bercelana jeans pendek bawa2 tas naik becak menuju ke arah mereka. hahahaha tahan malu banget gw. Mungkin mereka bingung kali ya, ni cewe ngapain sendirian. Akhirnya gw bertemu dengan sang PO trip tersebut yg berkulit hitam legam akibat too many outdoor activities haha, ga usah disebut ye nama lo.

Lalu kami naik ke kapal barang yg akan mengantarkan kami ke Pulau Harapan. Tarifnya ternyata belum banyak berubah, yah masih Rp. 30.000-an (lupa). Karna gw ikut trip organizer, jd ya udah all-in, diurus mereka semua. Setelah menemukan spot yang oke di kabin bawah kapal barang tersebut, gw mulai lirak lirik kiri-kana siapa tau ada yang kinclong hehe. Lalu, gw bertemu wajah familiar yang duduk ga jauh dari gw. Sepertinya kakak kelas gw di SMA 28. Tapi seinget gw, dia dulu botak. Berhubung gw ini ga bisa membendung rasa penasaran, gw colek lah lelaki yang sedang bermesraan dengan pacarnya itu (jadi inget ke Pulau Pramuka bareng pacar #eh).
“eh, anak 28 yah?”
“iya.. lo anak 28 juga?”
“iya.. Ria, lo?”
“Seto..”
Baru inget lah, gw kalo dia anak Rohkris 1 tahun di atas gw, anak pencinta alam, yang dulu pernah main band dan pernah menjadi bahan gosip karna suatu hal.. hahah peace ya kang mas! Ternyata doi alumni FE Atmajaya 2003, wew jadi inget mantan yg anak FE Atma 2003 juga huehe. Okay, skip! Ternyata di trip tersebut ada kurang lebih 5 orang lagi alumni 28 dr berbagai angkatan. Wah akhirnya ada juga yang gw kenal sedikit haha.
Sesampainya di Pulau Harapan (lebih jauh kurang lebih 1 jam dari P. Pramuka) gw melihat peradaban yang sudah cukup maju. Penginapannya lumayan banyak, dan pake AC pula, walaupun listriknya giliran. Jam 4 am- 4 pm listrik mati. Teringat waktu gw ke Pulau Pramuka listrik mati-nyala, air jarang, penginapan susah huf. Setelah istirahat makan siang, kami siap2 untuk berkeliling pulau dan snorkeling. Gw udah ga sabar snorkeling, walaupun ga bisa berenang, tapi gw cintaaa banget sama pantai dan laut.
Pulau pertama yang kami datangi ialah Pulau Bulat. Pulau ini katanya milik keluarga mantan Presiden Alm Soeharto. Pulau ini memiliki area tersendiri untuk berenang. Jadi ingat tempat mandi putri Kraton Jogja. Setelah foto-foto, dan keliling pulau, lalu kami beranjak ke pulau2 lain untuk snorkeling dan jalan2. Payah juga ingatan gw, kayaknya ke Pulau Bira, Bintang, dan Kayu Angin yang Bulu Babinya banyak. Di sini seorang kawan tersengat Karang Api yang membuat kulitnya bentol-bentol merah seluruh tubuh. Karang di Pulau Kayu Angin lumayan tinggi, jadi ga bisa mendekati pulau kecil yang berpasir putih dan hanya terdapat pohon2 kering ini. Pulaunya kecil, tapi cantik sekali, bisa untuk foto pre-wedding hehe. Namun, banyak sekali ranjaunya. Seperti bunga mawar yang cantik namun berduri *ihik. Kami berjalan hingga sunset tiba. Tapi kurang puas karena dalem lautnya kurang cantik, menurut gw. Sepanjang snorkeling gw juga ditemani oleh nelayan, mas-mas petugas perahu kami. Asem banget ye. Kalo dulu bisa gandengan pas snorkeling bareng pacar. Huehehe..

Setelah kembali ke home stay, kami mandi, istirahat, perkenalan, dan sharing2. Seneng banget bisa denger sharing dari Om Timmy Febrian, seorang diver handal Indonesia. Wew, jadi timbul lagi keinginan menjadi diver. Oh hobi yang sangat mahal. Setelah itu, ada door prize dan bakar ikan deh. Wahh lumayan puas dan seneng juga dapet door prize Cover Bag hehe. Besoknya kami bangun pagi2 untuk lihat sunrise di Pulau Harapan. Ga dapet maksimal sih, mataharinya ngumpet. Tapi awannya luarrr biasa!! Setelah sarapan, kami jalan2 ke Pulau Kotok Besar dimana ada penangkaran Elang Bondol. Bagus banget, tapi katanya belum dapet support dari pemerintah. Huh. Setelah itu kami jalan2 ke Pulau Kelapa Dua dan melihat penangkaran penyu.

Pukul 13:00 kami berangkat pulang menuju Muara Angke. Di kapal bisa tidur dan nge-charge handphone, mantap. Oya, di Kepualauan Seribu signal Indosat oke banget, tapi sewaktu mendekati Muara Angke, mulai deh lemotnya. Huh. Perjalanan pulang gw bareng temen2 baru, ada beberapa alumni 28 juga, naik angkot ke Stasiun Kota, lalu naik kereta dan turun di Tanjung Barat deh.
Dengan modal Rp 350.000 gw bisa merefresh otak gw from my high demanding job. I could enjoy the beauty of His creatures and could make new friends. Thank God! Berharap dapet rejeki lebih untuk beli kamera yang bagus untuk mengabadikan indahnya alam ini. Amin.