Sunday, March 18, 2012

Jelajah 3 Kota Part III

Day 6/ 25 Feb 12
Rencananya kami pulang hari ini, namun hasrat melihat pantai Baron, Krakal, dan Kukup tidak terbendung. Kami sarapan di depan Sarkem, mbah2 penjual gudeg ini tampak baik, namun ternyata kami dikenakan biaya Rp 10000 untuk makan bubur dan telor. Gila apah?! Gw kasih 20 ribu ga ada kembalian. Mbahnya ketauan banget boongnya, akhirnya dia mengembalikan Rp 5000 ke gw. Padahal harusnya harganya 3 ribu (info dari abang becak). Trus kami marah2 deh sama mbah itu. Si mbahnya diem malu gitu.

Lalu kami beranjak ke Terminal Giwangan dengan TransJogja dan naik bus ke Wonosari ongkosnya kalo ga salah Rp 6000. Jogja-Wonosari kurang lebih 1,5 jam. Dari Wonosari kami naik bus ke Baron ongkosnya lupa berapa keknya Rp 10000. Perjalanan jauuhh banget, ternyata ke Gunung Kidul. Wah puji Tuhan kami kemarin ga jadi naik motor. Pukul 12:00 kami sampai di Pantai Baron. Kurang begitu oke, agak nyesel, harusnya tadi minta anterin pak supir ke Pantai Krakal (kata orang ini Tanah Lot-nya Jogja). Pantai Krakal masih 7 Km dari Baron. Waktu sudah gak sempet lagi, karna kami nanti masih mau ke Malioboro lalu pulang naik kereta jam 19:00. Sesampainya kami di Baron, kami beli udang dan ikan Slayar hidup untuk dimasak, dimakan pake nasi rames. Nikmat cuy. Lalu kami menikmati pantai dan foto2 di tengah terik matahari. Pukul 13:30 kami beranjak kembali ke Wonosari lalu Jogja.

Pantai Baron
Pukul 16:30 kami sampai di Terminal Giwangan lalu naik TransJogja. Nah, disini kesal moment. Kami gak diinformasikan jalur cepat ke Malioboro, jadi kami muter2 dulu ke Adisucipto lalu ke daerah kota deh pokoknya, sambil was2 ketinggalan kereta. Siskom marah2 deh ke kenek TransJogja yang ngasih info gak jelas. Jam 18:00 kami sudah siap2 berangkat ke Malioboro untuk beli beberapa barang, lalu ngibrit ke penginapan lagi, lalu ke Stasiun Tugu sambil ngos2an. Si Bayu baiik banget nyamperin kami ke Stasiun Tugu nemenin kami sampai kami naik kereta. Kami naik kereta AC Ekonomi Gajah Wong bertarif Rp. 135.000,- yang berhenti di Pasar Senen. Di stasiun kami bertemu teman baru orang Amerika yang tinggal di Thailand, bernama Erin Brady. Lalu kami duduk bareng. Kereta berangkat pukul 20:00. Lalu kami mengucapkan sampai jumpa dengan Bayu yang berwajah mirip David Naif ini. Waktu lagi enak2 makan, eh kami diusir sama orang, ternyata kami duduk di tempat duduk orang hehe, sorry yaa Erin ;D lalu kami diantar ke tempat duduk kami yang berjarak 2 gerbong dari tempat semula, oleh petugas. Ternyata tempat duduk gw sama Siskom berseberangan sama tempat duduk Erin.
Setelah makan, ngobrol, dan bengong2, kami mencari posisi untuk tidur. Bingung gw posisinya gimana, malah duingiiinnn banget! Gw sewa selimut (tipis) dgn tarif Rp 5.000,-. Malam itu dihabiskan dengan tidur gaya bebas di atas tempat duduk seadanya. Subuh2 gw cari Siskom gak ada, ternyata dia nongkrong di sambungan gerbong kemudian tidur di gerbong sebelah yang AC-nya dimatiin.
Stasiun Tugu, Yogyakarta

Day 7/ 26 Feb 12
Pukul 07:00 kami tiba di Pasar Senen. Banyak banget calo di sana, si Erin digoda2in malah pake kata yang kasar. Kata dia, walopun dia gak ngerti, dia tau pasti itu gak sopan. Lalu kami naik TransJakarta menuju Juanda. Kami nemenin Erin dulu untuk dapet TransJkt yang langsung ke Gambir untuk naik Damri. Karena Erin harus ke airport. Flight doi jam 11:00 ke Surat Tani, Thailand. Gw dan Siskom berpisah di Halte bus way Juanda, karena dia menuju Blok M dan gw memilih naik kereta dari Juanda ke Tanjung Barat. Gw sampe rumah jam 09:30.

Gw mengucap syukur kepada Tuhan atas perjalanan ini. Banyak pengetahuan, keindahan, relaksasi, dan pengujian atas persahabatan kami yang kami alami. Hahaha. Can't wait for the next trip. Buat yang baca ini, mudah-mudahan gak bosen ye, panjang bener. Gw memang sengaja agak detail, karena traveling itu bukan hanya tentang bersenang-senang. Di samping itu, gw juga detail karena ga mau melupakan every moment. One day gw baca lagi, gw akan inget tiap kenangan ini *asek. Yah tapi kalo ada pembaca yang bosen, derita lo deh :p Cheers!